JAPAN TIPS : Apa Itu IC Card?

October 31, 2017
Biasanya kalau bepergian ke Jepang, kita akan sering menemukan tulisan IC di stasiun-stasiun ataupun di dalam bus. 

IC Card merupakan singkatan dari Integrated Circuit Card, kartu yang memiliki chip didalamnya. Untuk hal ini, bila di Indonesia sering kita sebut dengan electronic money card, misalnya seperti Flazz , E money, BNI TapCash, etc.

When can IC Card be used?

Saat travelling ke Jepang, kartu ini akan sering digunakan saat kita menggunakan transportasi umum. Saat tap di stasiun, membayar di dalam bus. Bus-bus di Jepang dapat dibayar dengan IC Card ataupun uang, tentu akan memudahkan kita jika hanya tap kartu saja. 

Selain itu, kartu ini dapat juga digunakan saat membayar loker-loker yang tersedia di stasiun. Kegunaan lainnya pun bisa kita pakai saat ingin menggunakan vending machine. 

Where can I buy it?

Pada trip tahun 2017, aku membelinya di kantor JR saat berada di Narita. Selain menukarkan JR Pass, kita dapat membeli kartu Suica dengan petugas disana. Dengan mengisi saldo serta deposit untuk kartu sebanyak 500 JPY (yang bisa kamu dapatkan saat kamu mengembalikan kartu). Selain membeli langsung, kamu juga dapat mendapatkannya di mesin. Tinggal memilih pilihan PURCHASE NEW SUICA.

Where can I top up my IC Card?

Di semua stasiun di Jepang biasanya akan tersedia mesin untuk melakukan topup. Caranya sangat gampang. Untuk memudahkan, kamu dapat memilih "English" untuk mengganti bahasa menjadi bahasa Inggris. Top up terbagi menjadi beberapa nominal yang sudah disediakan oleh mesin tersebut. Top up di mesin benar-benar cepat dan sangat simple.

Dibawah ini ada video yang bisa menolong kamu.

https://www.japan-rail-pass.com/

Pasmo or Suica?

Source : Japan-rail-pass.com
Everything is fine. Hampir keduanya dapat digunakan dimana-mana.

Should I buy it?

OF COURSE. You should buy it. I highly recommend it. Daripada saat di bus harus merogoh-rogoh receh yang mungkin masih belum familiar, dan musti turun pada saat itu, mending tinggal tap masuk dan tap keluar. Sangat memudahkan. (Kecuali, kamu mau menghabiskan koin, lain cerita 😃😃.)



Drop your question below, kalau masih ada yang bingung ya!

3 comments:

  1. Hi thanks info ny
    Kalau naik bis, kapan kit tapi ic card kita utk bayar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau naik bis di Jepang, mostly tersedia tap untuk IC Card, dan juga pembayaran dengan koin (tempat kayak celengan) ataupun karcis. Daripada repot cari-cari koin, tentu lebih mudah pakai IC Card.

      Delete
    2. Tap nya dilakukan saat masuk dan juga keluar bis. Untuk ongkos ada yang based on jauh trip kita ataupun ada yang potong sekali naik (seperti TransJakarta yang hanya 3.500 per trip).

      Delete

Powered by Blogger.