JAPAN TIPS : Perlukah Membeli JR PASS?

October 11, 2017


"Apa sih JR PASS?" Bagi kamu yang ingin berangkat ke Jepang, tentunya akan sering mendengar atau membaca mengenai JR PASS. Saat pertama kali aku infokan ke teman ku, dia bilang "Junior Pass" which is super salah. Gak totally salah sih, cuma lucu aja.

Apa itu JR PASS? 


Jadi JR Pass adalah Japan Rail Pass. Pass ini merupakan sebuah tiket terusan yang dikeluarkan oleh perusahaan kereta api milik Jepang. Ibarat PT KAI nya Indonesia. FYI, di Jepang ada banyak perusahaan swasta yang juga bergerak dibidang perkeretaapian, seperti memiliki rel dan stasiun sendiri. Dengan pass ini, kamu akan diperbolehkan untuk menggunakan kereta api khusus JR, sebebas-bebasnya sepanjang masa aktif berlaku.


(Source : http://www.japanrailpass.net/img/about_jrp/en/image_001.jpg)

Berapa harganya?

3 jutaan untuk 7 hari. 
KOK MAHAL? Yeah I have the same reaction when I was about to buy it. Jadi harga JR PASS berbeda tergantung pada masa aktifnya sehingga kamu bisa mengatur berapa hari kamu akan menggunakan kereta api selama di Jepang. Dibawah ini contoh price list oleh HIS Travel (diambil 9 Oktober 2017)

Contoh harga JR PASS oleh HIS TRAVEL

*Harganya akan menyesuaikan pada kurs Yen disaat kita membeli. 

Dimana JR PASS ini dapat digunakan?

Matcha.jp

Umumnya pada stasiun-stasiun yang memiliki 'JR' pada nama stasiunnya. Selain itu kamu bisa menggunakannya untuk Shinkansen antar kota (misalnya Tokyo-Kyoto). Dengan menunjukkan pass ini pada stasiun-stasiun yang dimiliki oleh perusahaan Japan Rail, maka kamu dapat langsung lewat tanpa harus membayar lagi.

Logo JR


Apa kelebihan membeli JR PASS?

Jadi JR PASS ini memang dikhususkan pada turis-turis internasional yang ingin berkeliling Jepang. Dengan harga diatas, misalnya 3.5 jutaan kamu bisa sebebasnya menggunakan kereta keliling Jepang. Akan tetapi tidak selamanya JR PASS juga menguntungkan. Supaya lebih mudah dibawah ini ada beberapa contoh.
  • Kamu planning untuk mengunjungi beberapa kota, seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Biaya Shinkansen 1 arah Tokyo-Osaka adalah sekitar 8750 JPY (sekitar 1.000.000 IDR, dengan kurs 1 JPY=120 IDR). Jadi misalkan kamu harus tetap kembali ke Tokyo karena pesawat yang dipesan dari Tokyo, tentu biaya perjalanan akan dikali 2 kali menjadi 2.000.000 IDR. Hal ini belum ditambah dengan transportasi ke kota lain dan transportasi dalam kota selama 1 minggu. Nah bila ditotal bisa melebihi harga JR-PASS. 
  • Lain cerita, apabila kamu sampai di Jepang, Tokyo adalah kota pertama, dan akan pulang dari Osaka, maka mungkin saja akan lebih murah bila membeli tiket satuan, karena kamu hanya menggunakan shinkansen 1 arah.
  • Kamu ingin memilih moda transportasi lain saat berpindah kota. Night buses juga tersedia untuk berpindah kota. Harganya bisa lebih murah dari menggunakan kereta cepat. Ada yang bilang bisa menghemat hotel satu malam, tapi di lain sisi, saat sampai badan kamu pegal-pegal ! So it is up to you :)
  • Kamu planning hanya akan mengelilingi kota Tokyo saja. Telah disediakan pass lain seperti Tokunai Pass, seharga 1000 JPY (120.000 IDR) untuk sehari. Dan banyak pass lain khusus dalam kota Jepang. Sehingga kamu tidak perlu lagi membeli JR PASS. 

Cara menggunakan JR PASS

Kalau kamu sudah membeli JR PASS, kamu akan mendapatkan seperti selembar kertas yang berisi data-data kamu. Sesampainya di airport, coba kamu tanyakan dimana office yang mengurusi JR. Disitu kamu bisa mendapatkan JR Pass berbentuk buku. Petugas akan menanyakan kapan tanggal pass itu akan diaktifkan. Saat di Narita Airport, aku juga membeli Suica Card di tempat yang sama. 

Apabila Pass kamu sudah aktif. Pada stasiun-stasiun JR, biasanya akan terlihat di paling ujung mesin-mesin tap, yaitu kantor petugas yang biasanya akan diberikan lambang (JR Pass). Kamu cukup memperlihatkan kartu pada petugas, dan mereka akan mengijinkan untuk lewat.  

Tips-tips sebelum membeli JR PASS

  1. Akan banyak kemungkinan perjalanan yang akan kamu pilih, maka sebaiknya aku menyarankan untuk mempelajari tempat-tempat yang akan kamu kunjungi. Apakah letaknya dekat dengan stasiun-stasiun JR atau tidak. 
  2. Perhatikan jumlah hari masa aktif. Sekedar sharing, trip aku tahun ini berjumlah 10 hari. Aku membeli Pass untuk 7 hari. JR Pass dapat diaktifkan tergantung tanggal yang kita pilih. Tidak otomatis aktif saat pertama kita sampai di Jepang. Aku mengaktifkannya pada hari meninggalkan Tokyo menuju Kyoto. Sehingga di hari-hari pertama aku membeli Suica Card dan pass harian di Tokyo.
  3. JR Pass hanya bisa dibeli di luar Jepang. Kamu tidak bisa membelinya sesampainya kamu di Jepang. Hal ini dikarenakan JR PASS hanya khusus para turis internasional dengan pasport non Jepang.

Berikut ada video yang semoga dapat lebih memperjelas ya :") 


 

Jadi perlu belikah? Semoga artikel ini bisa membantu ya !
Drop your question below, kalau masih ada yang bingung. Aku akan coba bantu jawab sebisa aku. Hihi ! Selamat menyusun rencana !

Related articles
Tips Naik Kereta di Jepang
Aplikasi Transprotasi di Jepang



No comments:

Powered by Blogger.