JAPAN 2018 : Pengalaman Airbnb di Jepang

Akhirnya aku memutuskan untuk buat artikel versi bahasa Indonesia tentang penginapan selama aku di Jepang pada bulan Oktober 2018. Sebenarnya ini artikel/tips/review semua-semuanya deh tentang akomodasi tempat menginap di Jepang. Jadi, selamat membaca ! *Click here for english version





Dimana kamu menginap selama di Jepang?

Aku menggunakan 1 kamar dari Agoda Homes, dan 3 kamar lain dari Airbnb

Apa sih Airbnb?

Airbnb adalah sejenis platform yang menyediakan akomodasi untuk penginapan berupa rumah, sejenis asrama, ataupun unit dalam apartemen. Jenis penginapannya sangat bervariasi. Setiap properti memiliki host/tuan rumahnya masing-masing. Sehingga saat kamu ingin memesan kamu dapat menanyakan informasi ke host masing-masing melalui aplikasi atau web Airbnb.

Agoda Homes?

Tentunya kamu sudah tahu mengenai Agoda. Nah, sekarang Agoda telah membuka alternatif baru yakni Agoda Homes, ya sejenis seperti Airbnb. Tidak hanya kamar hotel saja, tapi seperti kamar di apartemen atau rumah dapat kamu temukan disini. Tentunya hal ini bisa menguntungkan kita dalam mencari penginapan.

Hotel di Jepang

Ya bagi yang ingin berlibur tanpa melihat budget bisa skip poin yang ini ya. Pilihan hotel di Jepang sangatlah banyak, apalagi dengan standard internasional. Untuk hotel di Jepang, aku mendapatinya lumayan pricey. Mungkin ada ya yang sekitar 1-2 juta semalam, tapi standard hotel nya biasa berukuran sangat compact. Ibarat 2 orang saja sudah sulit untuk bergerak, sangking efisiensi tempat. Terkadang kamar yang aku temukan untuk 2 orang, hanya menyediakan 1 1/4 bed. Mungkin kalau untuk short stay bisa kamu pertimbangkan untuk menginap di hotel. Tentunya akan lebih untung apabila dekat dengan transportasi publik seperti halte bus atau stasiun kereta.

Tips mencari penginapan di Jepang

Prioritas utama dalam mencari penginapan ialah lokasi nya yang dekat dengan stasiun kereta. Yang pasti walking distance. Soalnya, apabila trip kalian berpindah-pindah kota, masalah yang akan ditemukan ialah mengenai koper. Ya khususnya untuk cewek-cewek ya, yang bawaan nya banyak. Ataupun mungkin sedang musim dingin sehingga pasti persediaan pakaian lebih ekstra. Nah, kalau penginapan kita tidak ada jasa penjemputan, tentu koper harus kita bawa sendiri. Akan lebih hemat bila lokasi kita menginap dekat, sehingga tidak perlu pengeluaran tambahan seperti taksi.

Pada bulan Juni 2018, keluar peraturan baru perihal menyewakan tempat untuk menginap di Jepang. Dampak dari keluarnya peraturan ini ialah hampir 80% listings yang ada di Airbnb terpaksa ditutup. Semua host dan pemilik hotel bila ingin tetap membuka tempatnya harus mendapatkan license. Sehingga kamu bisa cek dahulu apakah mereka sudah memiliki nomor license atau belum. 

Source : The Verge

Setelah kamu booking, biasanya mereka akan meminta nama dan nomor passport kita sebagai data tamu yang akan menginap.

Berikut ini penginapan yang aku pilih selama #JAPANTRIP2018.

Osaka
Studio - type Apartment in Shin Osaka

Untuk penginapan pertama berupa unit studio di sebuah apartemen. Di Osaka lumayan termasuk mudah untuk mencari penginapan yang lumayan murah dibanding kota lain. Aku booking menggunakan Airbnb Homes. Untuk lokasi aku memilih yang dekat dengan Shin-Osaka Station, karena shinkansen dari Tokyo akan berhenti disini sehingga akan memudahkan untuk pindah-pindah dengan koper-koper. Berdasarkan infonya memang sekitar 10 menit dari stasiun hingga apartemen ini. Pertama kali agak bingung mencarinya dan rasanya sangat jauh.

Apartemen terlihat tidak terlalu baru namun bersih. Kamar berlokasi di lantai 9, dan telah tersedia lift untuk naik ke atas. Sangat tipikal, memiliki queen bed dan 1 single bed, sehingga bisa untuk 3 orang. Kamar tidak memiliki cukup ruang leluasa dan hanya pas untuk 2 orang saja. Kamar mandi tipikal seperti pada umumnya di Jepang, yakni memiliki bath tub dan shower serta hand-wash basin. Shampoo dan sabun hingga pasta gigi disediakan oleh host. Handuk pun termasuk dan diletakkan diatas tempat tidur. Kamu bisa mengecek hal-hal ini dengan bertanya dengan host.




*maaf aku tidak terlalu foto banyak disini

Kyoto
Eisaku's House in Kyoto

Ini adalah tempat paling favorit. Saat mencari di Airbnb, aku memilih filter private house karena ingin mencoba rumah dengan nuansa lokal saat di Kyoto. Kyoto merupakan kota yang masih memegang nilai tradisional semacam kota Yogyakarta bila di Indonesia.

Lokasi terletak 10 menit berjalan dari JR Kyoto Station dan 13-15 menit dari halte bus terdekat.  Memang letaknya seperti di depan gang, tetapi selama kami disana sangatlah sepi dan tenang. Video dibawah ini dibuat awalnya untuk papa, karena next mau menginap disini kalau ke Jepang lagi, alhasil lupa mengambil foto yang banyak. Rumah kecil ini terdapat ruang tengah sebagai kamar tidur juga (tersedia futon), kamar mandi, ruang makan dan dapur. Semua kelengkapan sangat mencukupi saat tinggal disana.


*I said magic jar, it is an electric jug, btw
**sorry for bad editing




Tokyo
Tokyo Gasshuku-jo


Kamar terakhir terletak dekat dengan Itabashi-honcho Station (Mita Line, Toei). Kurang lebih 8 menit berjalan kaki kesini, termasuk nyaman karena jalannya rata. Namun, bukan lokasi yang aku lihat tetapi keunikan dari bangunan ini. Desainnya sangat lucu dan terdapat di suatu web arsitektur (#barungakuanakarsitek). Karena sebenarnya dari segi kenyamanan agak kurang untuk orang-orang tua. Didalam hanya terdapat tangga yang menuju dapur di lantai 3/4 (sulit bila membawa barang-barang yang berat). Kamar mandi juga terdapat di luar kamar, serta matrasnya yang lumayan tipis. 










Kitchen set di common room lantai 4

Common room di Lantai 4, ada balkon nya juga !


Sekian sharing aku tentang penginapan selama di Jepang. Semoga bisa membantu untuk mencari-cari ! *Note : Semua kamar yang aku book sudah memiliki nomor registrasi license, untuk memastikan kamu bisa hubungi hostnya ya.

Bagi yang baru mau mulai signing up Airbnb, kamu bisa pakai refferal kode aku dan dapat potongan 43 SGD untuk booking an pertama. Lumayan kan! 
43SGD Coupon For AIRBNB

Ohya for info, Airbnb tidak hanya menyediakan akomodasi penginapan tapi juga menawarkan experience seperti city tour, photographer, kimono rent. Aku mencoba pengalaman sewa fotografer, untuk lebih jelas nya bisa klik disini.

No comments:

Powered by Blogger.